Saturday 2 June 2012

Bintang Sirius


Sirius adalah bintang paling terang di langit malam dan sejauh ini adalah yang paling terang di alam semesta (jagat raya). Nama Sirius diambil dari bahasa Yunani “Seirius” yang berarti, “membakar” atau “gosong”. Perlu diketahui nama Sirius ini memiliki banyak nama di dalam berbagai bahasa, antara lain : 
  • Canicula (Latin, yang berarti anjing kecil)
  • Mrgavyadha (Sansekerta, artinya pemburu rusa)
  • Langxing (China, uang berarti srigala)
  • Kak Shisha (Persia, yang berarti anjing)
  • Tir (Persia, busur panah)
  • Kalbu Samas (Asysyiria, anjing matahari)
  • Sihor (Mesir kuno, Bintang Sungai Nil)
  • Hannahbeah(Punisia, penggonggong)
  • Asy syi’ra (Arab, dari kosa kata non Arab : sirius, serigala; atau helai rambut; busur panah).

Hampir semua tempat di bumi dapat melihat bintang ini, kecuali bagi yang tinggal di wilayah bumi di atas 73,284 derajat Lintang Utara. Posisinya dibawah rasi bintang Orion yang dahulu di Jawa disebut waluku yang merupakan penanda musim tanam. Pada waktu-waktu tertentu kita dapat melihatnya walaupun matahari masih belum tenggelam.  Ia berada di rasi Bintang Canis Mayor, dengan sistem bintang kembar. Yang satu bernama bintang Sirius A dan yang lain bintang Sirius B, dimana keduanya saling mengitari satu dengan lainnya, Subhanallah. Di dekat Sirius A, ada Sirius B, yang besarnya hanya 4 kali diameter bumi kita yang mendapatkan energi dari Sirius A, melalui radiasi elektromagnetiknya yang memicu reaksi fusi dalam Sirius B sehingga tetap menyala.

Saat terbaik untuk dapat melihat bintang sirius adalah sekitar tanggal 1 Januari, dimana dia mencapai meridian pada tengah malam. Pada kondisi yang sesuai, Sirius dapat dilihat dengan mata telanjang saat Matahari masih berada di atas horison. Ketika berada di atas kepala, bintang ini dapat dilihat pada kondisi cuaca sangat bersih, asalkan pengamat berada di tempat yang tinggi, dan posisi Matahari cukup rendah.

Menurut perhitungan yang dibuat oleh Universitas Harvard, Ottawa, dan Leicester, satu putaran bintang ini memakan waktu 49,9 tahun. uniknya bintang ini disangkut pautkan dengan Al-Quran, hayoo tebat apa??
Bintang ini disebutkan dalam Al Quran dalam Syurat An Najm dengan nama Syi’ra dalam dua ayat yaitu Ayat ke 49 dan Ayat ke 9.

Terjemahan Syurat An Najm ayat 49 adalah “ dan bahwasanya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang Syi’ra” Sedangkan ayat 9 terjemahannya adalah” maka jadilah dia dekat dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi)”

Mungkin dua ayat QS An Najm yaitu 49 dan 9 ini menggambarkan keadaan bintang Sirius yang terdiri dari dua bintang dan mempunyai waktu orbit 49,9 tahun dengan lintasan seperti busur panah yang berpasangan (Wallahualam). 
 oh iya lupa! Sirius A duapuluh kali lebih terang, juga dua kali lebih besar daripada matahari kita :D 

gw inget salah satu potongan dialog dalam film Surat Kecil Untuk Tuhan
"Aku ingin seperti Sirius, bintang yang paling terang, seburuk apapun cuaca diatas sana, dia tetap bersinar terang"
ya.. aku ingin seperti sirius, meski umurnya tidaklah panjang tapi dia tetap bersinar dalam keadaan apapun.
aku ingin seperti Sirius,
seberat apapun langkahku dalam menjalani hidup ini, tapi aku ingin tetap menunjukkan kekuatanku
Tuhan,
selalu ada sesuatu yang indah didalam setiap ciptaan-Mu
Kau selalu menyisipkan arti didalamnya,
betapa indah ciptaan-Mu itu, 
dibalik umurnya yg pendek tapi terdapat kekuatan didalamnya.
aku ingin seperti Sirius, yang selalu membuat orang lain tersenyum karna melihatku :)

sepenggal dialog yang membuat gw menohok! sekuat atau sehebat apapun benda itu yang abadi dan yang sempurna hanya Allah. gw pun ingin sperti sirius selama gw hidup dengan umur yang terbatas. entah kapan napas ini akan terhenti, gw pengen saat gw mininggalkan semuanya gw bisa memenuhi hampir semua tugas2 gw dan tidak pula menyisakan kebencian :')
gw suka tiap orang tegur gw jika gw buat salah krn teguran itu bisa memperbaiki value gw sebagai manusia yang selalu dan masih belajar, even ada rasa marah jika ditegur tp gw sebenernya gw bkn marah melainkan karena malu. 

Tuhan, tolong jadikan hamba manusia yang pandai bersyukur dan ikhlas. manusia yang bertanggung jawab dengan kesalahan yang sudah dan sedang dilakukan. manusia yang peka terhadap apa2 yang baik dan tidak baik untuk diri sendiri dan sekitar. manusia yang menerima kritikan semata2 untuk mencari Ridho-Mu :)

No comments:

Post a Comment